Post Admin : Selamat Datang di Blog Alumni Perguruan Tinggi Teknokrat, Blog ini bertujuan untuk Mengikat Tali Silaturahmi Untuk Seluruh Alumni dari perguruan Tinggi Teknokrat dan Bertukar Informasi Untuk Bergabung dengan Seluruh Alumni Silah Melakukan Registrasi Terlebih Dahulu. anda dapat melakukan diskusi dan berbagi pengalaman dengan mendaftarkan account ada pada forum diskusi alumni.


Cari Artikel :



Bagaimana Caranya Supaya Saya Bisa Ikut Memposting Sendiri Artikel Pada Blog Ini: Untuk dapat turut andil demi kemajuan blog ini ada baiknya jika anda menjadi author pada blog ini. sehingga ini akan memudahkan kita untuk mengupdate isi artikel yang terdapat pada blog ini. bayangkan jika kita memiliki 5 orang author, maka blog ini bukan hanya admin sendiri yang ikut memposting artikel. tetapi akan lebih berwarna karna banyak pemikiran yang membantu dalam proses pengembangan. khususnya berita atau informasi yang akan ditayangkan pada blog ini. untuk menjadi seorang author pada blog ini silahkan buat accunt email pada gmail. kemudian setelah anda memiliki account pada gmail, mulailah membuat blog. jika anda telah memiliki blog. kirimkan data detail anda yang memastikan bahwa anda memang alumni teknokrat ke email: alumniteknokrat@yahoo.com , tertarik..? ayo bergabung

Posting Artikel Untuk Alumni : Buat Para Alumni yang ingin Tulisannya ditampilkan pada blog ini. silahkan kirimkan ke email: alumniteknokrat@yahoo.com secepatnya artikel anda akan ditanyangkan pada blog ini. artikel dapat berupa apa saja. tentang pengalaman sukses, dan cerita menarik tentang pengalaman atau artikel yang bertujuan positip seperti trik & trip


Sabtu, 22 November 2008

Tips Menjadi 'Moderator' Di Forum & Blog Sendiri

Bagi yang sering nge-blog, forum komentar adalah sesuatu yang sangat sulit dipisahkan dalam dunia blogging. Seringkali forum komentar itu menjadi ukuran 'kesuksesan' sebuah blog, semakin banyak komentar yang masuk, maka hampir dipastikan blog tersebut semakin populer, sehingga mempengaruhi jumlah pengunjung dan pageview.

Namun ternyata perlu adanya tips-tips khusus dan seni mengelola sebuah forum komentar. Berikut adalah sejumlah tips yang bisa diterapkan dalam mengelola komentar di blog:

  • Pada beberapa blog engine (semisal wordpress), seringkali diberi pilihan atau opsi dalam mengelola forum komentar, yaitu moderasi atau tidak. Pilihlah salah satu opsi tersebut sesuai dengan kondisi yang Anda inginkan. Selain itu, Anda bisa mengubah opsi tersebut tergantung sitkom yang berkembang di blog Anda.

  • Jangan sampai Anda terlalu lama menahan komentar yang masuk, apalagi posting yang sedang Anda release merupakan topik yang aktual. Apabila komentar yang dimoderasi terlalu banyak, opsi moderasi bisa diubah menjadi non moderasi untuk mempermudah pekerjaan Anda. Anda hanya perlu membaca komentar-komentar tersebut di blog dan melakukan editing atau penghapusan komentar-komentar yang Anda anggap tidak sesuai atau spam.


  • Dalam menanggapi komentar, diusahakan ditanggapi secepatnya. Tanggapannya bisa berupa penjelasan, jawaban, tambahan, atau sekadar ucapan terimakasih. Hal ini penting agar pengunjung yang meninggalkan jejak di forum komentar merasa dihargai, sehingga para pengunjung akan merasa kerasan dan akan terus mengunjungi blog Anda.

  • Jangan sungkan-sungkan memberi penjelasan terperinci dalam menjawab setiap pertanyaan yang masuk. Kalau dirasa kurang, tawarkan untuk memberi penjelasan lebih detil melalui email atau chatting. Selain itu, tawarkan kepada para pengunjung lain untuk memberi tambahan masukan sehingga bisa terjadi forum diskusi yang sangat menarik.

  • Gunakan teknik memberi tanggapan dengan satu komentar pada banyak komentar. Caranya, sebutkan masing-masing nama yang ingin Anda tanggapi beserta tanggapannya. Selain lebih efisien, juga akan mendorong terciptanya diskusi yang hidup.

  • Bila Anda tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan pada Anda, katakan bahwa Anda akan segera mencari jawaban tersebut. Atau tawarkan kepada pengunjung blog yang lain untuk membantu Anda dalam menjawab pertanyaan tersebut. Tidak perlu memaksakan diri untuk menjawab.

  • Selalu ada komentar yang tidak pada tempatnya, seperti memberi komentar yang OOT (out of topic) dari postingnya, jangan sungkan-sungkan untuk mengingatkan dan meluruskan kembali agar sesuai dengan topik yang diangkat. Selain itu jangan sungkan-sungkan pula untuk menghapus komentar yang sudah dianggap mengganggu dan merusak forum komentar, seperti melakukan celaan dan hinaan, mengancam, dan hal-hal yang berbau SARA.

  • Sumber Artikel : Wikimu
    Sumber Gambar : http://www.solaraquaticsystems.com/video/tips-02lq.gif

    0 komentar:

    Posting Komentar